Rabu, 22 Oktober 2008

Mengapa Malaikat dan Iblis Harus Bersujud Kepada Manusia ?

Sejak dulu sampai sekarang, sebelum menulis artikel ini, saya selalu bertanya-tanya mengapa malaikat dan iblis dari bangsa jin harus bersujud kepada manusia ? Dalam terjemahan al qur’an Departemen Agama RI, sujud itu berarti menghormati dan memuliakan Adam, bukanlah sujud berarti memperhambakan diri, karena sujud memperhambakan diri itu hanyalah semata-mata kepada Allah. Terus terang saja saya masih bertanya-tanya. Kalau sujud itu dalam arti menghormati mengapa kata yang dipakai “ asjuduu" = sujudlah, bow down, prostrate, worship “ ? Mengapa tidak menggunakan kata “ qodaruu = menghormati, menghargai, appreciate ” ? Seperti dalam surat Al An’am (6) ayat 91 “…. Dan mereka tidak menghormati Allah dengan penghormatan yang semestinya,……”. Saya percaya bahwa dengan menggunakan kata “sujud” itu pasti Allah mempunyai maksud tertentu yang harus direnungkan. Seandainya Allah tidak meniupkan Ruh-Nya kepada manusia, apa jadinya manusia ?. Bisa jadi bayi itu tetap tumbuh dan menjadi dewasa. Bisa jadi mempunyai mata tetapi tidak bisa melihat. Punya telingan tetapi tidak bisa mendengar. Punya otak tetapi tidak bisa berfikir.Bisa jalan tetapi tidak punya kehendak. Jadi manusia hidup itu seperti tanaman dan binatang. Nah, apa yang membedakan tanaman dan binatang dengan manusia ? Rahmat Allah yang berupa Ruh-Nya. Dengan ditiupkan Ruh-Nya, Ruh milik Allah kepada manusia, maka sebagian sifat-sifat Allah dan sifat yang tercermin dari Asma (nama) Allah itu menurun kepada manusia.

فَإِذَا سَوَّيْتُهُ وَنَفَخْتُ فِيهِ مِن رُّوحِي فَقَعُواْ لَهُ سَاجِدِينَ

Faitha sawwaytuhu wanafakhtu feehi min roohee faqaAAoo lahu sajideena

Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniup kan kedalamnya ruh-Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud. [QS Al Hijr (15) ayat 29].

Menurut Hasan Asy’ari sifat Allah itu ada dua puluh sifat antara lain Qudrat = Berkuasa, Iradat = Berkehendak, Sama’ = Mendengar, Bashar = Melihat, Kalam = Berkata-kata. Dan asma Allah itu ada sembilan puluh sembilan (99) yang sangat penting. Dengan Ruh-Nya itu manusia bisa melihat, mendengar , berkuasa dan berkehendak serta mencipta. Walaupun manusia itu dapat berkuasa, berkehendak, melihat, mendengar dan berfikir, tetapi tidak dapat menyamai atau setara dengan Allah [QS Ikhlas (104) ayat 4] dan tetap berlainan dengan Penciptanya (mukhalafatuhu lil hawadits) yaitu Allah. Allah itu berkata-kata tetapi tidak seperti manusia berkata-kata. Allah itu melihat atau mendengar tetapi tidak seperti manusia melihat atau mendengar. Allah itu “laysa kamitslihi syai’” atau Allah itu tidak ada yang menyerupainya. Dalam bahasa Jawa, Allah itu “tan kena kinoyo ngopo” atau Allah itu tidak dapat dikatakan atau digambarkan seperti apa. Manusia dengan Ruh-Nya itulah sehingga Malaikat dan Iblis dari bangsa Jin harus bersujud kepada Manusia. Manusia bisa berkuasa, berkehendak dan berkreasi. Tetapi Malaikat dan Jin tidak, karena mereka hanya melakukan tugas sesuai dengan perintah yang telah ditentukan oleh Allah.

وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلاَئِكَةِ اسْجُدُواْ لآدَمَ فَسَجَدُواْ إِلاَّ إِبْلِيسَ أَبَى وَاسْتَكْبَرَ وَكَانَ مِنَ الْكَافِرِينَ

Waith qulna lilmalaikati osjudoo liadama fasajadoo illa ibleesa aba waistakbara wakana mina alkafireena

Dan ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam," maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir. [QS Al Baqarah (2) ayat 34]

فَسَجَدَ الْمَلآئِكَةُ كُلُّهُمْ أَجْمَعُونَ
ِلاَّ إِبْلِيسَ أَبَى أَن يَكُونَ مَعَ السَّاجِدِينَ
قَالَ يَا إِبْلِيسُ مَا لَكَ أَلاَّ تَكُونَ مَعَ السَّاجِدِينَ
قَالَ لَمْ أَكُن لِّأَسْجُدَ لِبَشَرٍ خَلَقْتَهُ مِن صَلْصَالٍ مِّنْ حَمَإٍ مَّسْنُونٍ

Fasajada almalaikatu kulluhum ajmaAAoona
Illa ibleesa aba an yakoona maAAa alssajideena
Qala ya ibleesu ma laka alla takoona maAAa alssajideena
Qala lam akun liasjuda libasharin khalaqtahu min salsalin min hamain masnoonin

Maka bersujudlah para malaikat itu semuanya bersama- sama, kecuali iblis. Ia enggan ikut besama-sama (malaikat) yang sujud itu. Allah berfirman: "Hai iblis, apa sebabnya kamu tidak (ikut sujud) bersama-sama mereka yang sujud itu?" Berkata Iblis: "Aku sekali-kali tidak akan sujud kepada manusia yang Engkau telah menciptakannya dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk" [QS Al Hijr (15) ayat 30-33]

Iblis yang sombong itu ternyata lupa bahwa didalam diri manusia itu Ruh milik Allah. Manusia tidak perlu takut kepada Iblis dari bangsa Jin, karena sesungguhnya mereka harus bersujud kepada manusia.
Wa llahu ‘alam bis shawab

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Your blog keeps getting better and better! Your older articles are not as good as newer ones you have a lot more creativity and originality now keep it up!